Ritonga se Jabodetabek Adakan Halal Bihalal 1444 H

DialogLingkungan145 Dilihat

Jakarta.dialoguejakarta.com – Keluarga besar marga Ritonga perantauan yang berada di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) dan tergabung dalam Parsadaan Ritonga Dohot Boruna (PRDB) merayakan reuni keluarga dalam acara Halal Bihalal 1444 H/2023 di Jakarta, Minggu (21/05/23).

Ketua PRDB Jabodetabek Prof. Dr. Rajab Ritonga mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memperkuat persaudaraan marga Ritonga di perantauan yang tersebar di Jabodetabek. Ia mengatakan, kegiatan diadakan setiap tahun setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri. “Sehari-hari kita sibuk dengan kegiatan masing-masing, jadi setahun sekali kita sempatkan bertemu keluarga besar,” kata Prof. Rajab yang juga Guru Besar Ilmu Komunikasi di Universitas Gunadarma Jakarta.

Pembina PRDB, Prof. Dr. Anshari Ritonga pada sambutannya mengatakan kegiatan halal bihalal merupakan tradisi umat Islam untuk mempererat silaturahmi dan saling pengertian diantara para umat. Saling pengertian itu penting bukan saja di antara sesama muslim, tetapi juga dengan nonmuslim, kata Prof. Anshari Ritonga yang juga mantan Dirjen Pajak dan Dirjen Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan RI.

Prof. Anshari menekankan saling pengertian itu harus dihayati oleh seluruh keluarga marga Ritonga tanpa memandang agama, sebab jauh sebelum agama Islam dan Kristen masuk ke Tapanuli, orang Batak sudah memiliki kepercayaan sendiri yakni Debata Mulajadi Nabolon.

Halal bihalal PRDB diikuti lebih dari 100 keluarga marga Ritonga dan Boruna (anak perempuannya) yang beraga Islam maupun Nasrani di Jabodetabek, namun ada juga yang datang dari Cianjur dan Bandung. Sesepuh Ritonga, seperti Drs. Mulatua Ritonga, Brigjend Pol (Purn) Drs. Martin Ritonga juga hadir pada acara tersebut.

Halal bihalal dengan tema “Memperkokoh Persaudaraan Ritonga di Perantauan” itu, Abdul Mun’im Ritonga, pensiunan Diplomat RI yang kini menjadi Da’i tampil menyampaikan tausiah tentang mutiara Ramadhan. Setelah tausiah dilanjutkan dengan bersalam-salaman dan hiburan lagu-lagu Batak yang dibawakan para anggota PRDB.

Marga Ritonga merupakan salah satu dari keturunan marga Siregar. Menurut silsilah, Siregar memiliki empat anak yakni Silo, Dongoran, Silali dan Siagian. Marga Ritonga merupakan anak keturunan dari Silali Siregar. (Haresti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *