Calon Dewan Kota Jaksel, Marwan SP Menang Telak Ditingkat Kelurahan Duren Tiga

Jakarta, Dialoguejakarta.com – Marwan SP atau Marwan Aziz berhasil menang telak dari bakal calon Dewan Kota Jakarta, Abdullah Amrin ditingkat Kelurahan Duren Tiga saat pemilihan bakal calon Dewan Kota Jakarta Selatan (Jaksel) yang digelar di Ruang Pola Lantai 3 Kelurahan Duren Tiga, Pancoran,Jakarta (23/05/2024) lalu.

Pada pemilihan yang diikuti RT dan RW se Kelurahan Duren Tiga tersebut, Marwan memperoleh 53 suara, sementara Abdullah Amrin, SE, MM memperoleh 21 suara, dari 74 suara SAH, suara tidak sah 0.

Plt.Lurah Duren Tiga, Sariman, S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengharapkan Anggota Dewan Kota Jakarta Selatan periode 2024-2029 kedepan bisa bekerja maksimal dalam menjembatani aspirasi masyarakat dengan pemerintahan Kota Jakarta Selatan demi untuk memajukan Jakarta Selatan dan mensejahterakan masyarakat.

“Perubahan dari DKI ke DKJ, memberi peluang sekaligus tantangan bagi Jakarta termasuk Jakarta Selatan sebagai kota global, karenanya Dewan Kota harus berperan aktif dalam memajukan Jakara Selatan,”ujar Sariman saat menyampaikan sambutan sebelum pemilihan bakal calon Dewan Kota Jakarta Selatan tingkat Kelurahan Duren Tiga pada tanggal 23 Mei 2024 .

Pemilihan bakal calon Dewan Kota Jakarta tingkat Kelurahan Duren Tiga, diawali sambutan Plt.Lurah Duren Tiga, Sariman, S.Sos, M.Si,lalu dilanjutkan dengan perkenalan dan pemaparan visi misi dua bakal calon Dewan Kota di Kelurahan Duren Tiga yaitu nomor urut 1.Abdullah Amrin, SE, MM dan nomor urut 2, Marwan SP SE, MM.

Dalam pemaparanya, Abdullah Amrin selain memperkenalkan diri dan silsilah keluarganya, Amrin menyampaikan visinya yaitu “Jakarta Selatan dalam lima tahun kedepan 2024-2029 maju lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan an kesejahteran semua warga Jakarta Selatan,”

“Visi misi saya turunkan dari visi misi Pemerintah Kota Jakarta, saya hanya menambahkan periode tahun aja,”ujar Amrin kepada para Ketua RT-RW se-Kelurahan Duren Tiga yang memiliki otoritas memilih dan juga para hadirin yang memeriahkan pemilihan Dewan Kota tingkat Kelurahan Duren Tiga.

Sementara Marwan dalam pemaparannya. Selain memperkenalkan diri, latar profesi selama 20 tahun terakhir mulai dari profesi jurnalis di sejumlah media mulai dari Jawa Pos Group, Majalah Flona (Kelompok Gramedia), The Brunei Times), Jurnalparlemen.com, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), peneliti LP3ES, XL Axiata, TA Anggota DPR-RI, Konsultan Plan Internasional untuk Studi Peran Kaum Muda dalam Penangan Perubahan Iklim 2023 dan saat ini sebagai editor Beritalingkungan.com dan Mediajakarta.com. Marwan juga menyampaikan aktivitas organisasi mulai dari HIMAGRO UNHALU, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Faperta UNHALU hingga ICMI Jakarta Selatan.

Berikutnya Marwan menyampaikan visi yang diusung adalah”Menjadi Dewan Kota yang amanah, dan memberi banyak manfaat untuk kemakmuran warga dan kemajuan Jakarta Selatan yang berdaya saing, berwawasan global, dan berkelanjutan,”

Marwan Aziz  menyatakan siap berkontribusi bagi pembangunan wilayah ini. Sedangkan misi yang diusung Marwan yang juga mantan peneliti LP3ES Jakarta ini adalah :

1. Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat
– Layanan Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan Sosial: Marwan berkomitmen untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial bagi seluruh warga.
– Infrastruktur Ramah Lingkungan: Mengembangkan infrastruktur kota yang ramah lingkungan dan berkelanjutan guna menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.
– Pertumbuhan Ekonomi Inklusif, dengan cara mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan merata agar kesejahteraan bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

2. Pengelolaan Lingkungan yang Berkelanjutan
– Pengelolaan Sampah dan Limbah dengan melaksanakan program-program pengelolaan sampah dan limbah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.
– Penghijauan Lingkungan Hidup dengan cara mendorong kegiatan penghijauan guna menjaga keseimbangan ekosistem dan meningkatkan kualitas udara.

3. Memperkuat Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan melalui:
-Forum-forum Partisipatif Melibatkan masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan melalui forum-forum partisipatif.
– Meningkatkan kesadaran dan pendidikan masyarakat tentang pentingnya partisipasi dalam pembangunan.
– Mendorong pemerintahan yang baik dan bersih melalui pengawasan dan pemanfaatan teknologi.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi melalui :
– Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) serta mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah serta menciptakan peluang kerja baru untuk meningkatkan ekonomi lokal.
– Meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan, kesehatan, dan layanan sosial lainnya.
– Pelatihan Kewirausahaan dengan cara menyediakan pelatihan kewirausahaan bagi kalangan muda dan ibu-ibu untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian ekonomi.
– Mendukung dan meningkatkan kegiatan di lingkungan RT/RW terutama Jumantik, Posyandu, dan lainnya serta kegiatan sosial seperti olahraga, kerja bakti, majelis ta’lim, dan program kepemudaan di seluruh wilayah Duren Tiga.

“Program-program seperti ini penting untuk membangun kebersamaan dan solidaritas antar warga,”tuturnya.

Marwan Aziz menyatakan bahwa program-program ini dirancang untuk menjawab tantangan dan kebutuhan warga Jakarta Selatan, serta untuk mendorong pembangunan yang lebih merata dan berkelanjutan.

“Saya berkomitmen untuk menjadi Dewan Kota yang amanah dan memberikan manfaat nyata bagi kemajuan dan kesejahteraan warga Jakarta Selatan, terutama warga Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran yang menjadi domisili saya,” jelasnya.

Dalam pidato kemenangannya, Marwan menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada para pendukungnya dan berjanji untuk bekerja keras mewujudkan program-program yang telah direncanakan.

“Terima kasih kepada seluruh warga yang telah memberikan kepercayaannya kepada saya. Ini adalah kemenangan kita bersama. Saya berjanji akan bekerja sebaik mungkin untuk memenuhi harapan masyarakat dan membawa perubahan positif di Kelurahan Duren Tiga serta Jakarta Selatan secara keseluruhan,” ujar Marwan yang juga alumnus HMI ini.

Dengan hasil ini, Marwan SP semakin optimis menghadapi tahapan pemilihan berikutnya di tingkat yang lebih tinggi.

Ia berharap dapat terus meraih dukungan luas dari warga Jakarta Selatan terutama dari Walikota Jakarta Selatan dan para Anggota DPRD DKI Jakarta untuk membawa visi pembaruan dan pembangunan Jakarta Selatan yang lebih baik di masa depan.(*/fit)

Komentar