Kesit Budi Handoyo Siapkan Pakta Integritas untuk Kepengurusan PWI Jaya 2024-2029

DialogNews294 Dilihat

JAKARTA,  Ketua terpilih Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta 2024-2029, Kesit Budi Handoyo, mempersiapkan Pakta Integritas kepada seluruh jajaran pengurusnya.

“Dalam mengemban amanahnya semua harus berkomitmen melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangannya secara profesional dan bertanggung jawab. Tentunya juga jangan sampai melakukan pelanggaran-pelanggaran,” ujar Kesit B Handoyo, Rabu (15/5/2024).

Kesit B Handoyo menyebut pentingnya penerapan pakta integritas dalam upaya mewujudkan organisasi PWI Jaya yang bersih dan berwibawa. Hal itu juga selaras dengan janjinya mengembalikan kebesaran PWI Jaya, sebagaimana dituangkannya dalam visi-misinya saat konferensi provinsi (Konferprov) 25 April 2024 di Balai Kota Pemprov DKI Jakarta.

“Janji itu tentunya tak hanya untuk para pemilik suara yang memberikan dukungannya kepada saya, tetapi juga untuk seluruh anggota PWI Jaya. Kita harus menjadikan PWI Jaya sebagai organisasi wartawan yang jujur, berwibawa, tangguh dan kuat,” ungkap Kesit.

Berbekal pengalamannya saat memimpin Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jaya, serta kemudian wakil sekretaris dan sekretaris, Kesit mengutarakan keyakinannya mampu menumbuhkan sinergitas pada kepengurusan PWI Jaya 2024-2029.

“Terpenting, semua harus satu visi, selalu berpikir untuk memajukan organisasi,” jelas wartawan olahraga senior dan komentator sepak bola andal itu.

Kesit B Handoyo baru saja menyelesaikan pembentukan personalia kepengurusan PWI Jaya 2024-2029. Kesit dibantu oleh tim formatur yang terdiri dari Theo Muhamad Yusuf, ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Jaya terpilih, Zulmansyah Sekedang, Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, serta Tb Adhi dan Arman Suparman, yang diambil dari unsur peserta konferprov.

Kesit mempercayakan posisi sekretaris dalam kepengurusannya kepada Arman Suparman, yang menjabat wakil Ketua Bidang Pembelaan wartawan selama dua periode kepengurusan. Formasi lengkap personalia kepengurusan PWI Jaya 2024-2029 ini sudah disampaikan ke PWI Pusat Rabu sore.

“Kami tinggal menunggu pengesahan dari PWI Pusat, lalu menetapkan waktu yang tepat untuk pengukuhan, kemudian bergegas menjalankan program kegiatan,” kata Kesit, Wapemred Askara.co itu.

Lomba karya jurnalistik Mohammad Hoesni Thamrin ke-50 adalah program kegiatan terdekat. MHT Award digelar dengan kerja sama Diskominfotik Pemprov DKI Jakarta. Sebelum itu, Kesit mempersiapkan Konferensi Kerja Provinsi (Konkerprov), guna merancang program kerja jangka pendek, menengah dan panjang.

Struktur kepengurusan PWI Jaya 2024-2029 terdiri atas Dewan Kehormatan Provinsi (DKP), Dewan Penasihat (Wanhat), Pengurus Harian, dan seksi-seksi.

DKP diketuai oleh Dr. Theo Muhammad Yusuf, dengan Sekretaris Irdawati dan tiga anggota: Edison Siahaan, Dr. Dra Z.A. Retno Intani, Machroni Kusuma.

Ada 15 orang di Dewan Penasihat (Wanhat), yang kini diketuai oleh Drs. Johnny Hardjojo. M.Si. Johnny Hardjojo bertukar tempat dengan Adhi Wargono, yang sekarang menjadi wakil ketua. Sekretaris Wanhat tetap dijabat Heru Pujihartono.

Dua belas anggota Wanhat adalah Primus Dorimulu, Mahfudin Nigara, Achmad Ristanto, Tony Limbong, Pangihutan Simatupang, Cak Herry Sarsongko Ludiro, James Tobing, Benny Joewono, Erick Tuapatinaja, Dr.Achmad Redi, SH, MH, Agus Salim, Gede Widiade.

Berbeda dengan sebelumnya yang hanya terdiri dari 11 personil, Pengurus Harian PWI Jaya 2024-2029 kini terdiri dari 14 orang. Ini karena adanya penambahan tiga bidang baru sesuai Pedoman Dasar-Pedoman Rumah Tangga (PD PRT) PWI hasil Kongres 2023, Bandung. Ketiga bidang baru tersebut adalah bidang pembinaan daerah, bidang media siber dan multimedia dan bidang pengelolaan aset.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Daerah ditempati Kadirah (Koransatu.id), sementara Wakil Ketua Bidang Media Siber & Multimedia: Edu Krisnadefa (Liputan6.com), dan Wakil Ketua Bidang Pengelolaan Aset: Dwiyantoro (Poskota.co).

Pengurus Harian lainnya: Wakil Ketua Bidang Organisasi: Aat Surya Safa’at (Sudutpandang.id), Bendahara: Dar Edi Yoga (Askara.co), Wakil Ketua Bidang Advokasi & Pembelaan Wartawan: Penerus Bonar (Majalah Keadilan), Wakil Ketua Bidang Pendidikan Indra Utama (Property & Bank), Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan: Yusuf Ibrahim (Kartinimedia), Wakil Ketua Bidang Kerja Sama, Kemitraan & Hubungan Antarlembaga: Tb Adhi (Laraspost.com).

Di posisi sekretaris Arman Suparman dibantu oleh dua wakil, yakni Muhadjar (LPP RRI) dan Haresti Asysy Amrihani (Indomaritim.com). Sementara Dar Edi Yoga di bendahara dibantu Elly Simanjuntak (Women’s Obsession).

“Keberadaan Haresti dan Elly Simanjuntak selaras dengan tuntutan dari PD PRT mengenai keterwakilan perempuan di pengurus harian,” ujar Kesit.

SEKSI-SEKSI:

1. Seksi Wartawan Olahraga (Siwo),
Ketua: Rialini Rering E.M.N (Sinar Harapan.id),
Wakil: Markon Piliang (Suara Karya.id)

2. Seksi Wartawan Musik & Film
Ketua: Iris Riswoyo (Akuratnews),
Wakil: Teguh Supriyatno (Voicemagz.com)

3. Seksi Wartawan Infotainment & Lifestyle, Ketua: Aditia Saputra (Liputan6.com),
Wakil: Mambang Yazid (Gonews.co)

4. Seksi Wartawan Hankam/TNI,
Ketua: Bitor Ekin Putra (voi.id),
Wakil: Eka Ardimiyati (Radarjakarta.id)

5. Seksi Wartawan Polri,
Ketua: Ferry Edyanto (Meganews.com)
Wakil: Sadono Priyo (Suara Karya.id)

6. Seksi Wartawan Perkotaan,
Ketua: Guruh Nara Persada (Poskota.id),
Wakil: Rangga Ferdiansyah S. (Bicarajakarta.com).

7. Seksi Wartawan Pendidikan,
Ketua: Farida Denura (Arahkita.com),
Wakil: Chaerudin (Jurnal Kota.com)

8. Seksi Wartawan Foto,
Ketua: Husni (Askara.co)
Wakil: Ori Buchori (Kabarindo.com)

9. Seksi Wartawan Kesejahteraan,
Ketua: Hari Buhari (Poskota.co),
Wakil: Rio Winto (makansedap.id)

10. Seksi Wartawan Siber & Multimedia,
Ketua: Fathan Rangkuti (vidio),
Wakil: Teddy Kurniawan (voi.id)

11. Seksi wartawan Ekonomi & Perindustrian,
Ketua: Komang Darmawan (Investortrust.id),
Wakil: Rindy Rosandya (Harian Neraca)

12. Seksi Wartawan Televisi,
Ketua: Maria Elizabeth Agustine (Askara.co),
Wakil: Ending Sutardi Usdi (ANTV)

13. Seksi Wartawan Politik/Parlemen,
Ketua: Agus Sofyan (Suara Karya.id),
Wakil: Rahayu Setiowaty (Koransatu.id)

14. Seksi Wartawan BUMN,
Ketua: Budoyo Pracahyo (Ruzka.Republika),
Wakil: Abdul Hartawan (Laraspost.com)

15.Seksi Wartawan Radio,
Ketua: Danang Sundioro (LPP RRI),
Wakil: Stanislaus Jumar Sudiyana (Radio Sonora)

16. Seksi Wartawan Hukum,
Ketua: Anrico Pasaribu, S.H (Harian Jayapos/Japos.co),
Wakil: Ipung Surya (Rakyatmerdekanews.com).

17. Seksi Wartawan Pemberdayaan Perempuan
Ketua: Kemala Dewi (Koransatu.id),
Wakil: Nadya (Pangannews)

18. Seksi Wartawan Kerja Sama, Kemitraan & Hubungan Antarlembaga,
Ketua: Mangarahon Dongoran (Freedomnews),
Wakil: R. Wuryanto (rm.id)

19. Seksi Wartawan Perhubungan,
Ketua: Budi Utomo (Nasionalnews.com),
Wakil: Dian Setyadi (Bicarajakarta.com)

20. Seksi Wartawan Perumahan & Perbankan,
Ketua: Sudarto (Majalah Infobank),
Wakil: Ridaf Sukri (Property & Bank)

21. Seksi Wartawan Koperasi & UMKM,
Ketua: Antonius Bramantoro (Terminalnews.com),
Wakil: Moch Ridhwan (koranprogresif.id)

22. Seksi Wartawan Komunikasi & lnformatika
Ketua: Abdillah Pahresi (Klikers.Id),
Wakil: Amrozi (HarianNKRI.id). (Red).

Komentar