Gitabumi Shine Voices rebut predikat bergengsi di Korea

Disbud DKI Apresiasi Kemenangan

Sejarah & Budaya333 Dilihat

 Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan DKI Jakarta turut bangga dan mengapresiasi grup paduan suara Indonesia, Gita Shine Voices, pada acara 12th World Choir Games di Gangneung, Korea Selatan. Kegiatan bertema, ‘Singing Together Brings Nations Together’ ini berlangsung sejak Senin, 3 Juli 2023 hingga Kamis, 13 Juli 2023 yang bertujuan menyatukan berbagai bangsa melalui seni musik vokal.

Jakarta, Dialoguejakarta.com -Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, sebanyak 45 orang delegasi dari Gita Shine Voice berpartisipasi dalam kompetisi ini dan berhasil memenangkan Juara 1 di Kategori Pop Choir dan Juara 2 di Kategori Jazz Choir.

“Gita Shine Voice bukanlah pendatang baru dalam kancah paduan suara internasional. Mereka pernah meraih predikat ‘Winner of the Category’ di European Choir Games dan ‘Winner Grand Prix of Nation’ pada kompetisi di Swedia. Keikutsertaan mereka sebagai salah satu delegasi terbaik di 12th World Choir Games ini menunjukkan kualitas vokal mereka dan keunggulan artistik yang luar biasa,” ujar Iwan di Jakarta, Jumat (14/07).

Lebih lanjut, Iwan mengatakan, kompetisi paduan suara ini diikuti berbagai negara seperti Australia, Austria, Belgia, Bosnia dan Herzegovina, Botswana, Burkina Faso, Kamerun, Tiongkok, Hongkong, Makau, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Kepulauan Faroe, Jerman, India, Iran, Jepang, Kosovo, Malaysia, Belanda, Filipina, dan Republik Korea.

“Sekali lagi, kami ucapkan selamat kepada Gita Shine Voices atas pencapaian ini. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia dan membawa semangat persatuan melalui seni musik ke tingkat yang lebih tinggi, serta menjadi inspirasi bagi dunia,” imbuh Iwan.

Grup paduan suara Gita Shine Voice merupakan kolaborasi dari dua grup paduan suara terbaik di Indonesia, yaitu Gitabumi Voices (Jakarta) dan Shine Harmony Choir (Surabaya). Mereka bersatu dan membentuk Gita Shine Voice, lalu meraih prestasi di kancah musik internasional. Antusiasme yang tinggi dari masyarakat Kota Gangneung juga terlihat dari tiket pertunjukan yang cepat habis terjual hingga poster dan banner yang terpajang di jalanan kota.

“Dinas Kebudayaan akan terus mencari dan membina para generasi muda yang memiliki minat bakat di bidang seni suara untuk terus berprestasi demi nama baik negara Indonesia dalam kancah musik berskala global,” terang Iwan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *