Ketum PINKAN Indonesia Penny Iriana Marsetio Melantik DPD PINKAN Jawa Timur

Surabaya, dialoguejakarta.com – Ketua Umum (Ketum) Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia, Penny Iriana Marsetio melantik Ketua Dewan Perwakilan Daerah PINKAN Jawa Timur, Minggu (21/5/2023).

Ketua DPD PINKAN Jawa Timur terpilih, Soetiadji Yudho menerima pataka dari Ketum PINKAN, Penny Marsetio. Penny juga memberikan pesan kepada ketua terpilih untuk meneruskan program kerja dari pengurus sebelumnya dan ikut mendukung pengajuan kolintang goes to UNESCO.

Untuk diketahui, saat ini alat musik kolintang sedang diajukan sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). Menurut data, Indonesia memiliki 600 warisan budaya tak benda, dengan 12 di antaranya telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia tak benda, termasuk  musik tradisional angklung dan gamelan. Dua musik tradisional itu telah lebih dulu diakui sebagai warisan tak benda.

Dalam pelantikan ini, PINKAN juga menggelar festival kolintang dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Surabaya. Selain itu, Ketum PINKAN juga menyerahkan perlengkapan kolintang kepada paguyuban pelatih kolintang Jawa Timur serta menyerahkan uang pembinaan.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Hudiyono, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Yusuf Masruh, dan Kepala Bagian Penyiaran RRI Surabaya.

Ke depannya, PINKAN Indonesia juga akan menyerahkan set alat musik kolintang untuk sekolah-sekolah di Surabaya sebagai wujud pembinaan generasi muda agar menjadi pemain kolintang yang profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *